1.Pengertian Barang,Harga,Promosi dan Distribusi
1.Barang
Adalah
benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi
kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan
masyarakat.
2.Harga
Adalah
suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk
manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok
pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk
memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa.
3.Promosi (pemasaran)
Adalah
upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
4.Distribusi
Adalah
salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai
kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian
barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai
dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).
Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan
produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer).
2.Penyebab
Harga dapat Memberikan Dorongan bagi Produsen dan
Pengaruh Harga bagi Konsumen untuk Menetapkan Pembeliaan
Karena
dari sudut pandang produsen harga merupakan komponen yang berpengaruh
langsung terhadap laba perusahaan.Menetapkan harga berarti bagaimana
mempertautkan produk kita dengan aspirasi sasaran pasar, yang berarti pula
harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Berbicara harga
berarti bicara tentang citra kualitas dan seberapa tinggi ekslusifitasnya.
Tinggi rendahnya harga sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas, sehingga
ikut menentukan citra terhadap sebuah merek atau produk. Penetapan harga juga
berbicara mengenai variasi produk. Jika produknya bervariasi tetapi ditetapkan
dengan harga yang samamaka persepsi yang muncul adalah kesamaan kualitas sebagai
cerminan variasi produk secara horisontal. Jadi produsen perlu menggunakan
pendekatan harga yang strategis agar dapat dapat mendukung pula tujuan bisnis
secara keseluruhan.Sementara itu, dari sudut pandang konsumen harga sering kali
digunakan sebagai indicator nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan
manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti kata harga merupakan
pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses pengambilan
keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh
perilaku konsumen itu sendiri.
3.Pengertian
Pasar dan Contoh Perusahaan yang Menggunakan Orientasi Pasar
A.Pengertian pasar
Secara umum adalah keseluruhan permintaan
dan penawaran barang, jasa atau faktor produksi tertentu.
Pengertian
pasar dalam arti sempit adalah tempat dimana pada umumnya barang atau jasa
diperjualbelikan.
Pengertian
pasar dalam arti luas pasar adalah proses dimana pembeli dan penjual saling
berinteraksi untuk menentukan dan menetapkan harga jual.
B.Contoh Perusahaan yang
Menggunakan Orientasi Pasar dan Manfaatnya untuk Jangka Panjang
Contoh perusahaan :
Toyota di dalam memasarkan produknya selalu
melihat segmentasi pasar, kemudian mereka memproduksi barang disesuaikan dengan
segmentasi pasar tersebut, sehingga mereka dapat memperoleh pangsa pasar yang
cukup besar. Contohnya adalah adanya
Toyota avanza, Toyota kijang innova, dan Toyota Alphard, ketiganya adalah
family car akan tetapi memilki segmentasi yang berbeda-beda.
Manfaatnya dalam Jangka
Panjang :
Manfaatnya untuk produsen dalam jangka
panjang adalah mencapai keunggulan bersaing dan berorientasi pada pasar. isu
penting dalam pengembangan keunggulan bersaing meliputi, upaya menciptakan
nilai konsumen, menjaga kepuasan konsumen, membangun hubungan jangka panjang.
Daftar Pustaka :
0 komentar: